Friday, October 29, 2010

STRATEGIC MANAGEMENT|Competitive Analysis


ANALISIS PERSAINGAN
Analisis terhadap peta persaingan dan industry tempat perusahaan berada akan sangat penting untuk mengukur kemampuan yan diperlukan untuk mencapai keberhasilan sesuai dengan tujuan yang ditetapkan[1]. Hal itu disebut dengan analisis persaingan. Hal –hal yang menjadi factor penting dalam analisis persaingan:
A.    Analisis Lingkungan Pekerjaan dan Industrial
Dalam analisis terhadap lingkungan industry, perhatian utama diarahkan pada identefikasi karateristik ekonomi, peluang dan ancaman dan prospek jangka panjang dalam bisnis tersebut. Penulis akan memebahas lingkungan usaha dalam enam bagian yaitu: karateristik utama suatu ekonomi industry, peta persaingan dalam industry, factor-faktor pemicu perubahan dalam persaingan, ancaman barang substitusi dan pendatang baru, kekuatan tawar-menawar pembeli, dan kekuatan supplier. 



[1]  Hariadi, Bambang. STRATEGI MANAJEMEN Strategi Memenangkan Bisnis, Bayumedia Publishing. Hlm 46

Analisis lingkungan pekerjaan dan industry di atas menjelaskan bahwa analisis lingkungan exterm secara komprehensif akan mencakup analisis lingkungan dekat dan jauh terhadap critical Environment Factors, yaitu berbagai perubahan (trends) kejadian-kejadian (Events) yang mungkin mempunyai dampak menguntungkan atau tidak menguntungkan yang signifikan terhadap aktifitas perusahaan.
A.    Analisis Peta Kekuatan
Salah satu pokok perhatian dalam analisis peta kekuatan persaingan adalah upaya untuk mengidentifikasikan sumber utama tekanan persaingan dan seberapa kuat tekanan tersebut. Langkah tersebut sangat penting karena seorang manajer tanpa mempunyai pemahaman yang dalam mengenai karakter persaingan maka hampir dapat dipastikan tidak akan dapat menyusun strategi yang tepat dalam mengatasi masalah yang dihadapi perusahaan. Menurut Porter, pola umum peta persaingan dalam pasar biasanya melibatkan lima kekuatan yang masing-masing saling menekan untuk memperoleh keuntungan yang maksimal. Kekuatan tersebut berasal dari:
  1. 1     Persaingan di antara sesama penjual dalam merebut dan mempertahankan pasar,
  2. 2.      Adanya tekanan barang subsitusi
  3. 3.      Adanya potensi tekanan masuknya pendatang baru
  4. 4.      Kekuatan tawar-menawar para supplier
  5. 5.      Kekuatan tawar-menawar pihak pembeli
Analisis lima kekuatan itu merupakan metode yang sangat bermanfaat dalam mendiagnosis pola tekanan persaingan di pasar dan untuk menilai siapa di antara kekuatan tersebut yang dominan. Semakin kuat tekanan tersebut dan semakin seimbang dan merata kekuatan di antara masing-masing pihak maka semakin tipis keuntungan yang diperoleh penjual. Sebaliknya, semaik lemah atau semakin tidak seimbang kekuatan di antara pelaku bisnis tersebut maka aka nada pihak tertentu yang dapat meraih keuntungan lebih dari pada normalnya.
Selain itu Poter mempunyai pemikiran yang luar biasa yang ia gambarkan dalam sebuah system yang lengkap atau lebih dikenal dengan sebutan  The Porter Diamond. Menurutnya, kekuatan, komposisi, dan penyokong persaingan mencari keuntungan dalam masyarakat akan mempertontonkan nilai dari sebuah produk buatan bangsa itu sendiri dan atau tingkat pertumbuhan produk itu sendiri dan itu bias anya adalah pemimpin persaingan.

B.     Analisis Kemungkinan Strategi Pesaing
Mempelajari tindakan dan perilaku  pesaing yang paling dekat mempunyai makna strategis. Merupakan langkah yang sangat berbahaya bagi perusahaan untuk terjun dalam pertempuran bisnis tanpa mempunyai informasi sama sekali mengenai rencana tindakan yang dilakukan pesaing. Cara tepat untuk memprediksi kemungkinan langkah-langkah yang akan dilakukan perusahaan pesaing dengan mempelajari dalam industry mana perusahaan itu berada, tindakan-tindakan apa saja yang baru dijalankan untuk mengetahui strategi mereka dan strategi dasar bersaing apa yang mereka jalankan.
            Salah satu hal yang perlu mendapat perhatian dalam analisis persaingan adalah munculnya pemain utama berikutnya yang bisa berasal dari pemain lama atau pendatang baru. Bisnis layaknya kehidupan mengalami pasang surut untung maupun rugi. Yang penting adalah bagaimana kita mengamati perusahaan-perusahaan yang punya potensi besar untuk naik dan perusahaan mana yang tampak besar, tapi sebenarnya keropos didalamnya. Perusahaan perlu hati-hati terhadap pesaing yang punya jaringan pasar yang luas dan dukungan dana yang kuat dibelakangnya. Mereka mempunyai potensi untuk menjadi pemain utama yang sulit dikalahkan.
KEY SUCCESS
            Dalam analisis persaingan menentukan factor-faktor penting sebagai kunci keberhasilan persaingan merupakan hal harus diperhatikan. Penilaian yang salah terhadap key sukses dapat mendatangkan bencana bagi organisasi karena hal tersebut akan mengarah pada penentuan strategi organisasi yang tidak tepat. Dalam mengidentifikasi key success factor ada dua hal yang perlu dipertimbangkan yaitu, pertama mengenai apa yang dikehendaki konsumen yang dituju baik mengenai spesifikasinya, jumlahnya , waktunya, maupun cara penyampaiannya. Yaitu sebagai berikut:
a.       Siapa konsumen perusahaan dan apa yang mereka kehendaki
b.      Bagaimana cara konsumen mengambil sikap memilih di antara para pesaing
c.       Bagaimana konsumen bersedia membayar harga produksi atau jasa yang lebih besar dari pada biaya produk
d.      Bagaimana konsumen agar tetap loyal pada perusahaan dari pada terhadap pesaing
 Kedua, bagaimana kondisi persaingan yang ada sehingga perusahaan dapat memenangkan persaingan.
a.       Factor-faktor apa yang bersifat structural yang mempengaruhi pesaing
b.      Dimensi persaingan
c.       Seberapa ketat tingkat persaingan
d.      Bagaimana perusahaan dapat memperoleh posisi keunggulan bersaing
e.       Seberapa jauh peluang perusahaan dalam memenangkan persaingan dan strategi apa yang harus diterapkan
FAKTOR PENYEBAB PERUBAHAN  STRUKTUR PERSAINGAN
Ada sejumlah kekuatan (driving forces) yang menimbulkan tekanan maupun ransangan sehingga mendorong terjadinya berbagai perubahan kondisi persaingan dalam suatu industry. Kekuatan tersebut mempunyai pengaruh paling besar terhadap perubahan macam apa yang akan terjadi dalam struktur industry dan lingkungan persaingan. Kekuatan tersebut adalah:
a.       Adanya perubahan dalam tingkat pertumbuhan industry jangka panjang
b.      Perubahan komposisi pembeli dan bagaimana mereka memakainya
c.       Adanya inovasi produk dan inovasi pemasaran
d.      Perkembangan teknologi
e.       Keluar masuknya perusahaan besar
f.       Menyebarnya pengetahuan teknik
g.      Adanya globalisasi industry
h.      Perubahan biaya dan tingkat efisiensi
i.        Tumbuhnya prefensi pembeli terhadap produk yang berbeda dari pada produk yang standar atau sebaliknya
j.        Perubahan kebijaksanaan pemerintah
k.      Perubahan social, kebiasaan dan pola hidup
l.        Berkurangnya ketidakpastian dan resiko bisnis
Berbagai factor kekuatan yang dijelaskan di atas menunjukan bahwa terlalu sederhana kalau berpikir bahwa perubahan industry hanya dapat dijelaskan  dalam hubungannya dengan model tahap-tahap pertumbuhan dan mengapa sangat penting untuk mencari sebab-sebab yang mempengaruhi munculnya kondisi persaingan baru.[1]










KESIMPULAN
Semua langkah strategis yang dilakukan perusahaan harus tetap dijaga agar tetap focus pada key success factor atau factor-faktor penting yang menentukan keberhasilan perusahaan dalam bersaing. Keunggulan bersaing hanya dapat dicapai jika perusahaan mempunyai kompetensi dalam menajalankan hal-hal yang dianggap penting oleh konsumen, dibandingkan dengan pesaing. Oleh karena key success suatu industry tertentu terus berubah karena adanya perkembangan situasi dan tutunan konsumen, maka setiap perusahaan harus terus menerus meningkatkan kemampuanya untuk mencapai keunggulan bersaing.















KUTIPAN
“Ciri yang paling membedakan antara manusia dan binatang adalah ilmu”
Imam Al Gozali

“Dalam watak manusia sejati, tidak ada tempat bagi kedengkian dan celaan”
Brown


















DAFTAR PUSTAKA
John A. Pearce II, Richard B. Robinson, JR. 1991. Strategic Management Formulation, Implementation and Control, 4th ed. IRWIN, Homewood, IL 60430, Boston, MA 02116., USA
Hariadi, Bambang. STRATEGI MANAJEMEN Strategi Memenangkan Bisnis, Bayumedia Publishing. Jawa Timur:2005
Vernon –Wortzel Heidi, Wortzel, Lawrence H. Global Strategic Management.  Lehigh Press. Canada:1997


[1]  Hariadi, Bambang. STRATEGI MANAJEMEN Strategi Memenangkan Bisnis, Bayumedia Publishing. Hlm 69

0 comments:

Post a Comment